Kongres

SAMBUTAN KETUA PANITIA

Assalamualaikum wr, wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNYa sehingga Seminar Nasional Taksonomi Fauna ke 4 dan Kongres Masyarakat Zoologi Indonesia ke 1 dapat berlangsung hari ini dan esok hari di Fakultas Biologi UNSOED. Merupakan suatu kehormatan bagi kami mendapat kepercayaan dari MTFI untuk melaksanakan seminar dengan tema “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Status Keanekaragaman Fauna”, dengan pendekatan 7 topik yaitu:

  1. Taksonomi & Biosistematika
  2. Biodiversitas & Konservasi
  3. Ekologi
  4. Fisiologi (Reproduksi, Nutrisi, Produksi)
  5. Permodelan
  6. Kebijakan & Perundangan
  7. Domestikasi & Pemanfaatan

Pada seminar ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai instansi, dengan berbagai bidang ilmu dan berasal berbagai daerah. Tidak kurang dari 80 makalah akan dipresentasikan dan 20 poster akan ditayangkan. Kami meyakini bahwa melalui seminar ini akan meningkatkan kapasitas pada peneliti, dosen dan peserta lainnya, akan terbentuk jejaring ilmiah (scientific networking) yang semakin kokoh sehingga mampu meningkatkan perlindungan, potensi, pengembangan dan pemanfaatan fauna Indonesia secara lestari.

Pada kesempatan ini, panitia menghaturkan terima kasih atas bantuan pemikiran, dana dan fasilitas sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik. Terutama kepada: Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Dekan Fakultas Biologi, Kepala Pusat Biologi LIPI, Ketua Masyarakat Taksonomi Fauna Indonesia, Masyarakat Zoologi Indonesia, BIOGEN, serta semua pihak yang telah membantu. Tak lupa panitia memohon maaf atas segala kekurangan dan ketidak nyamanan selama pelaksanaan seminar ini.

Demikian sambutan kami, teriring harapan semoga hasil seminar ini dapat menjadi referensi dalam perlindungan dan pemanfaatan fuana Indonesia. Selamat berseminar.

Purwokerto, 7 November 2012

Dr.rer.nat. W. Lestari,  MSc

Ketua Panitia SemNas

————–ooo0ooo————–

SEKAPUR SIRIH

KETUA MASYARAKAT TAKSONOMI FAUNA INDONESIA

Seminar Nasional Taksonomi Fauna merupakan salah satu program Masyarakat Taksonomi Fauna Indonesia (MTFI) yang diselenggarakan setiap dua tahun.

Seminar di Purwokerto ini merupakan yang ke empat yang dilakukan atas kerja sama dengan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, Pusat Penelitian Biologi-LIPI dan Masyarakat Zoologi Indonesia (MZI).

Di samping karena proaktifnya panitia pelaksana (Fak. Biologi UNSOED), juga karena kerja sama dengan sesama organisasi profesi, ternyata memberi dampak yang sangat positif. Tiga seminar terdahulu MTFI cakupan tema seminar terbatas tentang taksonomi atau keanekaragaman fauna. Cakupan tema yang sempit mengakibatkan terbatasnya jumlah pesserta sehingga makalah yang dibahas hanya sekitar 40. Kerja sama dengan MZI memperluas cakupan permasalahan yang dibahas sehingga dapat meningkatkan jumlah makalah yang diterima panitia.

Pada seminar nasional kali ini cakupan tema tidak terbatas bidang taksonomi atau pengungkapan keanekaragaman fauna tetapi juga aspek-aspek lain dari zoologi di Indonesia. Jumlah makalah sebanyak 100 membuat kami berbangga hati dan lebih bersemangat untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan kerabat universitas dan juga kerabat sekandang yaitu MZI dan mungkin organisasi profesi lainnya. Dengan demikian komunikasii ilmiah dan koordinasi antar pendidik, peneliti dan pemerhati fauna Indonesia dapat terjalin lebih baik. Karena sebetulnya tanpa disadari ternyata masih banyak jenis-jenis fauna kita yang belum dikenal dan apalagi diberdayakan.

Terjalinnya komunikasi dan koordinasi antar pemerhati fauna, dapat memberi harapan lebih baik dalam hal mendayagunakan sekaligus melestarikan fauna

Indonesia untuk lebih mensejahterakan kehidupan bangsa.

Besar harapan kami agar pertemuan ilmiah ini dapat berlangsung reguler sesuai jadwal kegiatan MTFI yaitu dua tahun sekali. Tentu saja MTFI tetap bersedia dan membuka pintu selebar-lebarnya untuk bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki visi dan misi yang sama yaitu memajukan ilmu pengetahuan tentang fauna agar dapat memafaatkannya dengan bijak. Kami mempunyai mimpi ke depannya untuk menyelenggarakan temu ilmiah untuk tingkat internasional atau paling tidak regional.

Akhir kata, saya mengucapkan selamat berseminar. Semoga temu ilmiah kali ini membawa banyak manfaat bagi semua peserta dan bangsa. Tidak lupa saya berharap untuk berjumpa kembali pada Seminar Nasional Taksonomi Fauna Indonesia yang ke V pada tahun 2014.

Ketua Masyarakat Taksonomi Fauna Indonesia

Prof. (R) Dr. Yayuk R. Suhardjono

————–ooo0ooo————–

KATA PENGANTAR KETUA MASYARAKAT ZOOLOGI INDONESIA

Assalamualaikum wr, wb.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara dan saudari peserta Seminar Nasional Taksonomi Fauna ke 4 dan Kongres Masyarakat Zoologi Indonesia ke 1 yang saya hormati.

Pertama tama marilah kita mengucapkan syukur kepada Tuhan Y.M.E atas segala rahmat dan hidayahnya maka kita semua dapat menghadiri acara ini dengan sehat tanpa kurang apapun. Kegiatan pertemuan ilmiah yang diselenggarakan di Fakultas Biologi Universitas Purwokerto dari tanggal 7-8 November 2012 ini mempunyai arti khusus bagi kami pengurus Masyarakat Zoologi Indonesia (MZI).

Saya yakin bahwa hampir semua peserta yang hadir di ruang ini belum pernah mendengar dan mengetahui organisai profesi kami Masyarakat Zoologi Indonesia (MZI). Itu semua kami memaklumi. Organisasi profesi yang disahkan pada tanggal 18 Desember 1982 oleh 20 zoologiwan yang berkumpul di kantor Lembaga Biologi Nasional LIPI (saat itu sebelum menjadi Pusat Penelitian Biologi LIPI) di Bogor, pada masa awal pendiriannya (hingga saat ini) masih terbatas antara kiprah dan jumlah anggotanya pada para ilmuwan yang ada di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Pusat Penelitian Oseanografi, Pusat Penelitian Limnologi,

Pusat Penelitian Biologi), dengan sangat sedikit anggota dari kalangan universitas atau lembaga lainnya.

Tujuan pendirian organisasi ini adalah didasari pada cita cita luhur para senior organisasi untuk membina kemajuan dan perkembangan zoologi di Indonesia, dengan melibatkan semua pihak, tanpa kecuali, asalkan menaruh perhatian pada ilmu kefaunaan. Namun kami sebagai generasi penerus dari organisasi ini, selama kurun hampir 30 tahun, dikarenakan kesibukan masing masing anggota dan pengurus yang telah beberapa kali berganti, menyadari betapa berat menjalankan suatu organisasi tersebut, sehingga banyak apa yang tertuang dalam AD/ART organisasi belum terlaksana. Tugas diseminasi dari perintah AD/ART organisasi tidak pernah kami tinggalkan, yaitu dengan penerbitan jurnal ilmiah Zoo Indonesia dan majalah semi-ilmiah Fauna Indonesia. Namun dari sisi keorganisasian, apa yang diperintahkan untuk pelaksanaan suatu Kongres tidak pernah terwujud selama ini. Adalah suatu karunia Tuhan YME bahwa saat ini, insyaallah, apa yang diperintahkan dalam AD/ART organisasi dapat terlaksana. Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan teman teman di Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, khususnya, serta rekan rekan di organisasi Masyarakat Taksonomi Fauna Indonesia (MTFI) yang bersedia bekerjasama dan memfasilitasi kami agar kegiatan Kongres Pertama kami dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan seminar ini. Harapan kami, dengan diadakannya Kongres di acara ini akan lebih memperluas keanggotaan dan membangunkan kembali semangat para senior zoologiwan kita untuk membina kemajuan dan perkembangan zoologi di Indonesia.

Akhir kata, sekali lagi saya mengucapkan syukur kehadirat Tuhan YME atas segala karunianya sehingga kami dapat terlibat dalam kegiatan seminar ini dan melaksanakan Kongres kami yang pertama, serta mengucapkan terima kasih pada panitia, staf serta akademisi dan mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman yang telah berkenan menerima dan memfasilitasi acara kami. Semoga apa yang telah terjalin ini akan semakin menguatkan keilmuan fauna Indonesia yang rasanya semakin terdesak oleh langkah pembangunan serta langkah “ditinggalkan” oleh banyak orang karena berkembangnya keilmuan terapan yang seolah “lebih canggih”, sehingga banyak melupakan arti penting dari suatu ilmu dasar yang sangat spesifik seperti zoologi ini.

Teriring Salam Lestari untuk semua fauna Indonesia kami berharap semoga seminar ini berjalan dengan sukses dan lancar, serta mohon maaf atas minimnya partisipasi kami saat ini.

Purwokerto, 7 November 2012

Prof (R) Dr. Gono Semiadi

Ketua Masyarakat Zoologi Indonesia

DOWNLOAD KUMPULAN ABSTRAK DI SINI

Leave a comment